•09.46
..bismillaah..

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."
QS Al A'raaf:31

Bagaimana busana anda ketika akan menghadap atasan? kepala kantor? klien bisnis? atau Bapak Presiden?
Pasti berbeda dari biasanya, bahkan anda sangat takut jika ada noda di kemeja atau simpul dari yang tidak rapi.

Coba bandingkan dengan busana anda ketika pergi ke masjid, bagaimana perbandingannya?Tidak terlalu berbeda? biasa saja? atau bumi dan langit?

Dari petikan ayat cinta Alloh di atas telah kita ketahui, bahwa Alloh memerintahkan setiap anak manusia untuk memakai pakaian yang paling indah setiap memasuki masjid. Sering, mungkin hampir tiap kali sahalat berjamaah, saya berjumpa dengan jamaah yang hanya memakai kaos oblong ke masjid. Ada juga yang pake kaos bola, jaket yang motifnya unik, bahkan pernah menemukan jamaah yang shalat dengan kaos tanpa lengan, astaghfirulloh.

Menurut saya pribadi, ada baiknya jika busana kita ke masjid adalah:
1. Pakaian muslim, dipasangkan dengan kain sarung dan peci penutup kepala. Busana yang paling merakyat, namun disinilah identitas seorang muslim yang mencintai jamaah masjid. Tanpa kita sadari ketika kita berbusana muslim sesungguhnya kita telah berdakwah kepada orang yang melihat busana kita.
2. Pakaian resmi, mungkin seperti batik, kemeja, atau jaket jika memang perlu. Dipasangkan dengan celana katun biasa. Hindari memakai jins ketat, apalagi yang robek2.
3. Hindari memakai pakaian yang bergambar makhluk hidup, pakailah pakaian yang bermotif benda2 atau tumbuhan. Polos lebih baik.
4. Lebih baik tidak memakai kaos oblong atau kaos bola untuk ke masjid. Mari bedakan masjid dan lapangan bola, atau bedakan busana ke masjid dengan busana tidur kita. Hindari juga memakai pakaian pendek/ketat yang akan membuka aurat ketika kita ruku' atau sujud.
5. Pakailah wewangian, karena itu adalah sunnah Rasulullah SAW.
6. Jangan lupa untuk menghiasi ruhiyah kita dengan pakaian terbaik: taqwa

"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat." QS Al A'raaf:26

Kuncinya sederhana, 3M:
Mulai dari diri sendiri
Mulai dari hal kecil (busana)
dan Mulai dari sekarang.

Mari berbenah untuk buktikan cinta kita pada Alloh no.1 dibanding yang lain.
Allohu Akbar!!

Allohua'lam bisshowab.
Semoga bermanfaat.

This entry was posted on 09.46 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: