•13.24
..bismillaah..

Satu kisah lagi, yang benar2 menggugah keimanan.

---

Setelah Rasulullah SAW menjalani peristiwa Isra' MI'raj, maka keesokan harinya beliau menceritakan apa yang beliau alami kepada para penduduk Makkah. Disana berbagai pertanyaan dan pernyataan muncul tentang hal yang benar-benar mustahil terjadi di zaman itu.

Para kafir Quraisy bergembira karena menyangka bahwa dengan berita ini akan berakhirlah riwayat Muhammad SAW dan ajarannya. Di kalangan muslimin pun terselip perasaan bimbang dengan cerita yang susah dicerna oleh akal sehat itu. Beberapa orang kafir Quraisy kemudian bergegas mencari Atiq, teman baik dan sahabat dekat Muhammad SAW, untuk diceritakan kejadian ini.

Mereka begitu bangga dan senangnya dengan kabar ini, berharap bahwa mereka bisa membawa Atiq kembali ke agama "nenek moyang" mereka. Bukankah Atiq seorang pedagang yang kerap kali ke Syria dan dia tahu betul betapa susah dan lamanya jarak tempuh Makkah - Syam?. Tidak terlalu lama bagi mereka menemukan Atiq, Atiq sendiri sedang dalam perjalanan ke Masjidil Haram.

"Hai Atiq, semua urusan sahabatmu sampai saat sebelum ini masih enteng dan dapat ditoleransi. Tapi sekarang, kemari dan dengarkanlah. Kami hendak menyampaikan sesuatu tentang sahabatmu."

"Celakalah kalian kalau kalian membahayakan jiwanya!"
Merekapun mundur sedikit, bagaimanapun orang yang mereka ajak bicara itu dulunya termasuk jajaran tokoh yang disegani di Mekah. Keseganan ini membuat mereka takut tatkala Atiq menjawab sapaan mereka.

"Dengar, sahabatmu sedang di Ka'bah. Ia menceritakan kepada orang-orang bahwa Tuhannya telah menjalankannya ke Baitul Maqdis. Ia berangkat malam, pulang malam, dan sekarang dia berada ditengah-tengah kita."

Atiq diam sejenak, kaum kafiq Quraisy menunggu reaksinya. Kemudian, diucapkannya kalimat yang kemudian hari menjadi karakternya dan digelari oleh oleh Muhammad SAW sebagai As-Siddiq (yang membenarkan).

"Ada banyak hal yang di luar jangkauan pemikiran kita. Jika demikian, maka benarlah ia, sesungguhnya ia tidak pernah berdusta sekalipun. SAYA AKAN MEMPERCAYAINYA WALAUPUN LEBIH DARIPADA ITU. Saya mempercayai kabar perjalanannya ke Baitul Maqdis, baik diwaktu pergi maupun kembali."

Atiq, yang tidak lain adalah Abu Bakar ra. menerobos orang-orang yang terbengong-bengong dengan ucapannya dan semakin mempercepat langkahnya menuju Masjidil Haram. Sesampainya di sana dijumpainya kumpulan orang-orang yang mencibir dan yang ragu-ragu sedang mengelilingi Muhammad SAW dengan suara ribut tidak menentu. Abu Bakar menerobos sampai dia melihat orang yang dimuliakannya sedang khusuk tertunduk menghadap Ka'bah, tiada merasa terganggu sedikitpun dengan orang-orang disekitar dia.

Abu Bakar menghampirinya, memberi salam, kemudian memeluknya sambil berkata,
"Demi bapak dan ibuku yang jadi tebusanmu, wahai Rasulullah! Demi Allah, sesungguhnya engkau benar. Demi Allah, SESUNGGUHNYA AKE MENGIMANI APA YANG TELAH TERJADI PADA ENGKAU SEMALAM KARENA ENGKAU ADALAH UTUSAN ALLAH. Dengarkanlah, sesungguhnya saya menyaksikan tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya.

---

Dalam Perang Tabuk, Rasulullah SAW. telah meminta kepada kaum muslimin agar mengorbankan hartanya pada jalan Allah. Tiba-tiba datanglah Saiyidina Abu Bakar ra, membawa seluruh harta bendanya lalu meletakkannya di antara dua tangan baginda Nabi SAW. Melihat banyaknya harta yang dibawa oleh Saiyidina Abu Bakar ra, bagi tujuan jihad itu maka Rasulullah SAW menjadi terkejut lalu berkata kepadanya:

"Hal sahabatku yang budiman, kalau sudah semua hanta bendamu kau korbankan apa lagi yang akan engkau tinggalkan buat anak-anak dan isterimu?

Pertanyaan Rasulullah SAW itu dijawab oleh Sayyidina Abu Bakar Al-Siddiq ra dengan tenang sambil tersenyum, ujarnya. "Saya tinggalkan buat mereka Allah dan RasulNya."

---

Inilah kualitas iman Abu Bakar ra. Salah seorang shahabat yang pertama kali memeluk Islam. Shahabat yang diakui Rasulullah SAW imannya lebih berat dari seluruh ummat.

Semoga bermanfaat, Allohua'lam bisshowab


* disadur dari http://febdian.net/drupal/isra_miraj dan http://uawat.multiply.com/reviews/item/3
This entry was posted on 13.24 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: